Sharing Info tentang Popper



Popper adalah umpan buatan yang digunakan untuk popping, bentuknya bermacam- macam ada yang seperti botol, pisang, bahkan ada yang seperti ikan umpan (Bait Fish).
Bahan dasar pembuatan popper umumnya adalah kayu, tapi tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk membuat popper.


Popper dibuat semenarik mungkin, bentuk, warna, motif dibuat semirip mungkin dengan ikan umpan karena popper ditujukan untuk menipu ikan, sehingga ikan predator tertarik untuk mengejar dan menghajarnya.
POPPER HOLOGRAM...lebih baik...? Ya..karena :
1. Tampilan popper lebih bagus dari popper biasa, karena lebih hidup.
2. Dengan Hologram, popper lebih banyak memantulkan sinar kedalam air.
Efex yang ditimbulkan membuat ikan lebih tertarik untuk mendekatinya.

Popper ada 2 type, yaitu :
1. Chugger, popper ini dapat dilihat dari bentuk mulutnya yang besar, seperti cawan atau mangkok. Saat dimainkan popper ini akan mengeluarkan suara seperti "Pop..pop..pop" dan splash air yang besar. popper jenis chugger ini kebanyakan menjadi favorit para mania popping karena action dan suaranya.
Chugger baik digunakan pada kondisi air yang flat, splashnya bisa terlihat bagus, cuma popper ini agak berat saat dimainkan karena mulutnya yang seperti cawan menahan balik air kedepan.

2. Swimmer, popper ini dapat dilihat dari bentuk mulutnya yang kecil, dan umumnya rata. "swimmer" dari namanya kita bisa simpulkan umpan ini berenang layaknya "perenang" banyak sekali actionnya ada yang kanan kiri - kanan kiri, zig zag, ada yang kepalanya anggut- anggut (atas bawah) ada juga yang lurus aja saat ditarik seperti Topedo.(Tergantung bentuk popper dan bagaimana memainkannya).
Swimmer sangat bagus untuk menggoda GT, popper ini baik digunakan pada kondisi air choppy, dimana kondisi air tidak menentu, berombak.

- Ukuran (berat popper), ukuran popper biasanya disesuaikan dengan piranti pancing yang digunakan, 50gr, 80gr, 100gr - 150gr.
Mau yang besar atau yang kecil...? tergantung pilihan anda,
Dispot mancing yang dituju kita juga bisa menentukan popper mana yang akan kita gunakan.

- Warna, ada pendapat yang mengatakan "ikan buta warna" apa benar..? warna pada umumnya lebih menarik perhatian pemancing daripada ikan itu sendiri.
Warna yang cerah dan mengkilap biasanya menambah sugesti kita akan popper tersebut
faktanya, ikan akan menyambar popper karena,
1. Gerakan (action) popper saat dimainkan.
2. Warna, motif dan kilau popper.
3. Popper berada dalam jangkauan serang ikan.


- Kail (Hook), kail yang biasa digunakan adalah Treble Hook (kail mata tiga).ada 2 jenis pemasangan treble hook,bisa dipasang pada bagian bawah dan belakang popper atau hanya menggunakan 1 trebel hook yaitu dibelakang.(tergantung jenis popper yang anda gunakan). Untuk ukuran hook yang biasa dipakai untuk popping adalah no.3, 4, dan 5 tergantung berat dan besarnya popper.
Trebel hook dipasang kepopper dengan menggunakan
Split ring (ring seperti per)sebagai perantaranya.

 
Design by LanggengGroupWebsite By Langgeng Pancing | Langgeng Pancing